OREOCHEESECAKE AGRONGAWI

        Bisnis makanan dessert salah satu sektor yang terus berkembang dan merupakan sektor favorit dalam menjalankan bisnis. Perkembangan teknologi, pertumbuhan penduduk dan perubahan gaya hidup mendorong pembisnis makanan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bisnis makanannya.  Usaha yang akan dibangun bernama “Oreo Cheesecake Agrongawi” menyajikan dessert yang manis dan enak dengan desain yang cantik, lucu dan menarik untuk semua kalangan usia terutama generasi muda. Usaha ini juga diharapkan untuk memotivasi generasi muda untuk berani mencoba untuk memulai usaha sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan generasi muda dalam berwirausaha. Usaha oreo cheesecake ini diharapkan memenuhi taget pasar generasi muda.

Penentuan ide bisnis
       Kami memilih produk "oreocheesecake agrongawi" karena harga yang terjangkau dan memiliki rasa yang unik serta dapat langsung dikonsumsi seketika juga. Oreo cheesecake menjadi makanan favorit kalangan generasi muda yang sudah terkenal di platform sosial media karena mudah dikonsumsi dan rasanya bervariasi.

Visi
     Menciptakan pengalaman kuliner dessert yang menyenangkan dan tak terlupakan dari rasa yang lezat, manis, dan inovatif dan Menguasai pasar dessert UMKM.

Misi
  1. Menggunakan bahan-bahan terbaik untuk menciptakan Oreo cheesecake yang lezat dan berkualitas.
  2. Menghadirkan variasi rasa Oreo cheesecake yang inovatif sesuai dengan tren dan selera pelanggan.
  3. Memprioritaskan kebersihan, kesehatan, dan keamanan dalam setiap proses pembuatan dan penyajian produk.
  4. Berkomitmen untuk terus berkembang dan berinovasi, baik dalam produk maupun layanan, demi mempertahankan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
  5. Membangun semangat anak muda untuk mengembangkan UMKM lokal
Strategi Bisnis
  • Produk
      Produk usaha kami merupakan pengembangan dari dessert cheesecake sehingga menghasilkan produk Oreo Cheesecake. Perpaduan rasa manis dan creamy cheesecake dengan oreo merupakan rasa yang memberikan rasa nostalgia pada selera inner child dalam diri orang dewasa. Kandungan susu pada produk membuat ketertarikan anak-anak untuk mencicipi. Kami berinovasi dengan memberikan varian rasa baru dengan matcha. Inovasi rasa matcha menarik pelanggan wanita tak sekalipun pria yang dimana terlihat dalam sosial media bahwa banyaknya pecinta matcha oleh orang dewasa.
  • Bahan
  1. Gorio rio
  2. Susu cair full cream
  3. Keju
  4. Tepung Maizena
  5. Susu Kental Manis
  6. Gula Pasir
  7. Air isi ulang
  8. Chocolatos Chocolate
  9. Chocolatos Matcha
  • Proses
  1. Siapkan 1 pack goriorio rasa vanila
  2. Pisahkan antara krim dan biskuitnya, lalu haluskan
  3. Siapkan panci, masukkan susu cair, gula pasir dan keju parut, susu kental manis dan krim gorio rio sesuai takaran 
  4. Setelah semua bahan masuk lalu diaduk hingga merata
  5. Lalu siapkan pengentalnya yaitu tepung maizena yang dicampur dengan air dan dimasak dengan api sedang sembari diaduk aduk, dan tunggu sampai mengental
  6. Siapkan cup lalu masukkan gorio rio yang sudah dihaluskan, lalu diatasnya ditambah vla dan seterusnya sampai full
  7. Dan terakhir diberi parutan keju atau topping lainnya
  8. Pengemasan (Packing)
  • Pengemasan 
          Dikemas dengan menarik menggunakan cup yang sudah diberi logo stiker usaha Oreo cheesecake Agrongawi.

Filosofi Logo
        Lingkaran oreo yang besar dan menjadi latar menggambarkan ciri khas produk yang membedakan cheesecake yang biasa dengan cheesecake yang usaha kami jual. Cheesecake yang berada di tengah menjadi penegas bahwa produk yang usaha kami jual menggunakan konsep cheesecake dan tidak menghilangkan ciri khas cheesecake pada produk yang usaha kami jual. Garpu kecil pada sisi kiri logo memberikan penegasan makna pada kuliner karena garpu merupakan alat makan yang biasa digunakan pada dessert. Percik-percik warna orange menggambarkan representasi imajinatif pada perpaduan manisnya cheesecake dan creamy pada oreo. Font pada tulisan logo dibuat sederhana dan terlihat tegas agar memperjelas konsep awal bahwa usaha kami berinovasi pada cheesecake. Nama agrongawi merupakan penggabungan kata “agro” yang berarti tanah atau ladang dan kata “Ngawi” merupakan salah satu kota di Indonesia. Tapi, kami menggunakan kata ngawi bukan karena alas an itu saja. Kami menggunakan kata Ngawi karena terdapat salah satu desa yang bernama jagaraga. Desa jagaraga mengelola persawahan yang kering menjadi sanat subur sehingga memotivasi kami untuk mengambil kata “ngawi”

Diatas merupakan sedikit penjelasan mengenai produk dessert "oreocheesecake agrongawi". Lebih lengkapnya bisa klik link disini
 

Nama anggota kelompok 3 AKS 5B:
1. Fitriyana Kurnia K. R.         (225221052)
2. Aryaseta Azizar Maulana     (225221056)
3. Tria Maulana Putri              (225221061)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis Plan

FENOMENA HUJAN: STUDI KASUS AIR MATA PENGANTIN

 FENOMENA HUJAN: STUDI KASUS AIR MATA PENGANTIN Tak terasa tahun 2024 akan segera berakhir. Waktunya melakukan tradisi tahunan, yaitu mengev...